RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KIMIA
KELAS
X SEMESTER 1
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Muhammadiyah Susukan
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X
/ I
Materi Pokok : Sifat Fisik Senyawa
Alokasi Waktu : 3
X 45 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menyadari
adanya sifat fisik suatu senyawa sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan
tentang gayakimia sebagai
hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat
tentatif.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,
toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku
responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
3.1
Memahami
ikatan antar molekul hubungannya dengan sifat fisik senyawa.
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk molekul berdasarkan
ikatan yang terjadi.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
A. Kognitif
1. Produk
a.
Siswa dapat menjelaskan PEB dan PEI suatu senyawa yang berikatan
b.
Sisea dapat meramalkan bentuk
molekul senyawa secara mandiri dalam waktu 5 menit
c.
Siswa dapat menentukan teori-teori
yang digunakan untuk meramalkan bentuk molekul suatu senyawa
dengan benar dan teliti dalam waktu
10 menit.
d.
Siswa secara mandiri
dapat mengerjakan 4 dari 5 soal yang di berikan tentang penjelasan bentuk
molekul dalam waktu 15 menit.
e.
Siswa
secara mandiri dapat menentukan hubungan teori-teori bentuk molekul yaitu : VSEPR, hibridisasi, dan domain elektron unsur
logam dan non logamnya dalam waktu 10 menit.
f.
Siswa
secara tepat dan teliti dapat menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik
didih, titik leleh) berdasarkan perbedaan teori-teori yang digunakan meramalkan bentuk molekul dalam waktu 10 menit.
g.
Siswa
secara mandiri dapat mengerjakan 4
dari 5 soal tentang teori VSEPR, domain elektron, dan hibridisasi perbedaan suatu
senyawa dalam waktu 15 menit.
2.
Proses
a.
Siswa diberikan
data hasil percobaan, secara mandiri siswa dapat membuktikan mengumpulkan
data tentang teori bentuk molekul.
b.
Siswa dapat merumuskan
masalah secara diskusi berkelompok berdasarkan analisis data suatu senyawa dan mempresiksi bentuknya dari diskusi kelompok menganalisis masalah yang dikemukakan pada lembar diskusi yang dibawa
siswa.
c.
Siswa dapat mengumpulkan informasi dengan mengikuti draf yang telah diberikan secara tepat
d.
Siswa dengan benar
dapat mengidentifikasi berbagai konsep dari beberapa disiplin ilmu yang dapat
mendukung pemecahan masalah
e.
Siswa dapat menyelesaikan soal-soal mengenai bentuk
molekul dengan tepat
f.
Siswa dapat merumuskan hipotesis dengan benar
g.
Siswa secara aktif
dapat mengisi lembar soal pada lembar diskusi yang berbentuk puzzle.
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran tentang
sifat fisik senyawa ini
diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
A. Kognitif
1. Produk
a.
Siswa
secara mandiri dapat menyebutkan
pasangan elekton pada senyawa yang berikatan dalam waktu 5
menit.
b.
Siswa
dengan tepat dapat mengelompokkan
senyawa-senyawa yang terjadi dan jenis pasangan elektron yang terdapat
pada senyawa yang digunakan pada ikatan kimia berdassarkan tingkat kepolaran
dalam waktu 10 menit.
c.
Siswa
secara teliti dapat membedakan teori-teori
yang digunakan dalam bentuk molekul.
d.
Siswa
dengan cermat dapat menganalisis teori
VSEPR.
e.
Siswa
dengan penuh tanggung jawab dapat mengidentifikasi PEB
dan PEI yang terjadi pada suatu senyawa.
f. Siswa dengan penuh tanggung jawab dapat mengenal bagaimana terbentuknya
molekul hubungannya dengan ikatan struktur lewis .
2.
Proses
a. Siswa disediakan lembar diskusi yang berhubungan dengan bentuk molekul.
b. Bersama kelompok siswa mendiskusikan soal
yang ada dengan lembar diskusi.
c. Disediakan buku siswa yang berisi berbagai
informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang, siswa secara
berkelompok dapat merumuskan hipotesis.
d. Siswa dapat menyampaikan hasil dari diskusi
kelompoknya.
e. Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap hasil
diskusi kelompok lain.
f. Bersama, siswa dapat menyimpulkan peranan sifat fisik
senyawa suatu senyawa dalam
kehidupan sehari-hari.
B. Afektif
1.
Karakter
·
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa
dapat menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, teliti, dan mandiri.
·
Siswa dapat menumbuhkan
kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME dan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME
merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia melalui kegiatan
demonstrasi, mengamati tayangan video atau animasi, dan kegiatan latihan
kelompok/individu yang imajinatif.
·
Siswa dapat mengembangkan
perilaku rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet, dan saling menghargai pendapat
melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan individu.
2.
Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa
dapat menunjukkan perilaku keterampilan sosial bertanya, menyumbangkan ide atau
berpendapat, menghargai pendapat teman dan berkomunikasi.
C. Psikomotorik
Siswa dapat mencari sumber bacaan dari jurnal ilmiah, majalah, artikel
ilmiah yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari
hubungannya terhadap gaya antar molekul.
E.
Materi
Ajar
Bentuk Molekul
Bentuk
molekul adalah kedudukan atom-atom pada molekul
Bentuk
molekul digolongkan menjadi 3 teori: Teori VSEPR, Teori domain elektron, dan
teori Hibridisasi
F.
Model/Metode Pembelajaran
Model : Problem Based Learning
Pendekatan : pendekatan saintifik
Metode : Berkelompok,diskusi,
curah pendapat.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
(Fase I : Orientasi
siswa pada masalah)
-
Siswa
dengan penuh ketaqwaan berdoa dan
memuji kebesaran Allah dengan keberadaannya ciptaannya tentang ilmu kimia.
-
Guru
mengabsen siswa untuk melatih kedisiplinan
siswa
Apersepsi
Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang bagaimanakah bentuk molekul dari H2O
?
Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan cara menyampaikan pertanyaan untuk
memicu rasa ingin tahu siswa
-
Apakah dalam tubuh kita terdapat bentuk molekul suatu senyawa?
-
Bagaimana terjadinya Bentuk
Molekul DNA pada tubuh kita?
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indikator) untuk menarik
perhatian siswa
|
15 menit
|
Inti
|
a.
Tatap Muka
(Fase II :
Mengorganisasi siswa untuk belajar ) (+ 10 menit)
a.
Siswa berkumpul ke dalam kelompoknya
masing-masing.
b.
Siswa dalam setiap kelompok diberikan lembar diskusi yang yang berisi jawaban soal dan membaca soal
yang telah dibagikan.
c.
Siswa dalam kelompok berdiskusi tentang soal yang menemukan bentuk
molekul suatu senyawa yang diberikan.
(Fase III : Membimbing kelompok untuk menganalisis
masalah) (+ 25 menit)
a.
Siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan
lembar diskusi yang telah dibaca setiap soal pada lembar diskusi dan membuat
bentuk molekul menggunakan molymod
b.
Siswa melakukan jawaban atas permasalahan yang diungkapkan pada soal pada
lembar diskusi dengan memanfaatkan buku siswa serta referensi lain yang
relevan dengan tugas yang akan dikerjakan
c.
Siswa membuat jawaban atas permasalahan
yang diungkapkan pada lembar diskusi.
(Fase IV : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
dan pemberian penghargaan) (+
10 menit)
b.
Siswa melakukan curah pendapat dalam kelompok untuk menyimpulkan isi dari
diskusi kelompok.
c.
Siswa mengumpulkan lembar diskusinya.
d.
Siswa yang terlambat mengumpulkan akan diberi penghargaan.
e.
Guru memeriksa hasil diskusi siswa sebelum dibacakan di depan kelas.
f.
Guru memberi penghargaan terhadap kelompok terbaik dan tercepat.
(Fase V : Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah) (+ 15 menit)
a.
Mengarahkan setiap kelompok untuk mengecek
kembali hasil diskusi kerja kelompoknya
b.
Salah satu kelompok ditunjuk untuk membacakan hasil kerja kelompoknya
serta kelompok lain memberi pertanyaan/tanggapan/masukan.
c.
Guru memberikan penguatan terhadap jawaban yang berkembang dalam diskusi
tersebut.
b.
Tugas
Terstruktur
1.
Guru mengajak siswa untuk menggambarkan bentuk molekul yang terjadi pada suatu senyawa.
2.
Siswa mencari referensi lain tentang contoh bentuk molekul yang terjadi dalam suatu larutan
berdasarkan tingkat kepolarannya.
c.
Tugas
Tidak Terstruktur
Siswa mengerjakan soal-soal Ulangan Harian pada
Modul Kimia
|
60
menit
45
menit
|
Penutup
|
a.
Guru memberikan apresiasi terhadap laporan
hasil diskusi yang telah dikumpulkan oleh masing-masing kelompok
b.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mengerjakan soal-soal yang ada pada sumber ajar.
c.
Guru menyampaikan rencana kegiatan pada
pertemuan berikutnya.
d.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari
materi pada pertemuan berikutnya.
|
15 menit
|
H.
Alat/Media/Sumber Belajar
Sumber belajar: Buku kimia yang
relevan, LKS.
Media : File presentasi, Molymod
I.
Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menjelaskan rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, aktif dalam dalam kegiatan baik kelompok maupun individu
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh atau kurang antusias dalam menyelesaikan masalah secara individu.
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok atau individu walaupun telah
didorong untuk terlibat.
|
2.
|
Ketelitian dalam pengisian soal
|
3. mengamati video/animasi dan mengolah data
hasil percobaan pada lembar diskusi sesuai prosedur, dan menggambarkan bentuk
molekul.
2. mengamati video/animasi dan mengolah data
hasil percobaan pada lembar diskusi sesuai prosedur, namun menggambarkan interaksi
senyawa yang terjadi kurang tepat.
1. mengamati video/animasi dan mengolah data
hasil percobaan pada lembar diskusi sesuai prosedur, tetapi menggambarkan
interaksi senyawa yang terjadi tidak tepat.
|
3.
|
Ketekunan/ keuletan dalam belajar
baik secara kelompok maupun
individu dalam menyelesaikan
masalah yang ada di LKS.
|
3: tekun/ulet dalam menyelesaikan tugas dengan
hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum
menunjukkan upaya terbaiknya.
1: tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
|
4.
|
Kejujuran dalam mengolah data untuk gayakimia
dan dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS
|
3: menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan
data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan gayakimia dan
menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah.
2:
menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan data hasil percobaan (data
apa adanya) untuk membuktikan gaya antar molekul, namun kurang menunjukkan
kemandirian dalam menyelsaikan masalah (masih berusaha meminta jawaban
teman/menyontek) terutama pada kegiatan individu.
1: tidak
menunjukkan kejujuran dalam menggunakan data hasil percobaan (mengubah data
agar sesuai dengan gaya antar molekul) dan berusaha mencari jawaban dari
teman lain dengan cara menyontek untuk menyelsaikan tugas individu.
|
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Rasa Ingin Tahu
|
Teliti
|
Tekun
|
Jujur
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
J.
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Soal
Nama Kelompok : 1.
2.
3.
4.
Lewis VSEPR Lewis VSEPR
a)
O3
b) ICl2-
c)
ICl4-
d)
SF4
e) CF4
f) BrF5
g) BrF3
h)
NH3
Nilai : Skor_total x 1,25
Rubrik penilaian
No. soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
·
Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·
Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·
Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·
Jika tidak mengisi jawaban
|
12.5
10
7
0
|
2.
|
·
Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·
Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·
Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·
Jika tidak mengisi jawaban
|
12.5
10
7
0
|
3.
|
·
Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·
Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·
Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·
Jika tidak mengisi jawaban
|
12.5
10
7
0
|
4.
|
·
Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·
Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·
Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·
Jika tidak mengisi jawaban
|
12.5
10
7
0
|
5.
|
·
Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·
Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·
Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·
Jika tidak mengisi jawaban
|
12.5
10
7
0
|
6.
|
·
Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·
Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·
Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·
Jika tidak mengisi jawaban
|
12.5
10
7
0
|
7.
|
·
Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·
Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·
Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·
Jika tidak mengisi jawaban
|
12.5
10
7
0
|
8.
|
·
Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·
Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·
Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·
Jika tidak mengisi jawaban
|
12.5
10
7
0
|
Daftar
Pustaka
Johnson, David W.& Johnson,
Roger T. 2002. Meaningfull Assessment A Manageable and Cooperative Process
Boston: Allyn & Bacon.
Ari, H. 2009. Kimia 2:
untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusbuk depdiknas
Sudarmo, Unggul. 2006. Kimia
Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga
Purba, Michael. 2006. Kimia
untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Mengetahui, Susukan, Juli
2013
Kepala SMA Muh Susukan Guru
Mapel Kimia,
Wahid Iskandar, S.Pd. Sunaryo,
ST
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran.
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian
dalam menyelesaikan tugas kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
2. Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih
belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus
menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1. Kurangterampiljika
sama sekali tidak dapat
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2.
Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi
di berbagai kuadrantetapi belum tepat.
3. Sangat terampill,jika
menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi
di berbagai kuadran dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Keterampilam
|
Menerapkan konsep/prinsisp dan strategi
pemecahan masalah
|
KT
|
T
|
ST
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar