Kamis, 09 April 2015

RPP Sifat Fisik Kimia Kelas X





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KIMIA

KELAS X SEMESTER 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             : SMA Muhammadiyah Susukan
Mata Pelajaran                    : Kimia
Kelas / Semester                 : X / I
Materi Pokok                      : Sifat Fisik Senyawa
Alokasi Waktu                    : 3 X 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Menyadari  adanya sifat fisik suatu senyawa sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang gayakimia sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2  Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,  toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3  Menunjukkan perilaku responsif,  dan proaktif serta bijaksana sebagai   wujud kemampuan memecahkan  masalah dan membuat keputusan.
3.1    Memahami ikatan antar molekul hubungannya dengan sifat fisik senyawa.
4.1    Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk molekul berdasarkan ikatan yang terjadi.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
A.    Kognitif
1.      Produk
a.         Siswa dapat menjelaskan PEB dan PEI suatu senyawa yang berikatan
b.        Sisea dapat meramalkan bentuk molekul senyawa secara mandiri dalam waktu 5 menit
c.         Siswa dapat menentukan teori-teori yang digunakan untuk meramalkan bentuk molekul suatu senyawa dengan benar dan teliti dalam waktu 10 menit.
d.        Siswa secara mandiri dapat mengerjakan 4 dari 5 soal yang di berikan tentang penjelasan bentuk molekul dalam waktu 15 menit.
e.         Siswa secara mandiri dapat menentukan hubungan teori-teori bentuk molekul yaitu : VSEPR, hibridisasi, dan domain elektron unsur logam dan non logamnya dalam waktu 10 menit.
f.         Siswa secara tepat dan teliti dapat menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik leleh) berdasarkan perbedaan teori-teori yang digunakan meramalkan bentuk molekul dalam waktu 10 menit.
g.        Siswa secara mandiri dapat mengerjakan 4 dari 5 soal tentang teori VSEPR, domain elektron, dan hibridisasi perbedaan suatu senyawa dalam waktu 15 menit.
2.      Proses
a.         Siswa diberikan data hasil percobaan, secara mandiri siswa dapat membuktikan mengumpulkan data tentang teori bentuk molekul.
b.        Siswa dapat merumuskan masalah secara diskusi berkelompok berdasarkan analisis data suatu senyawa dan mempresiksi bentuknya dari diskusi kelompok menganalisis masalah yang dikemukakan pada lembar diskusi yang dibawa siswa.
c.         Siswa dapat mengumpulkan informasi dengan mengikuti draf yang telah diberikan secara tepat
d.        Siswa dengan benar dapat mengidentifikasi berbagai konsep dari beberapa disiplin ilmu yang dapat mendukung pemecahan masalah
e.         Siswa dapat menyelesaikan soal-soal mengenai bentuk molekul dengan tepat
f.         Siswa dapat merumuskan hipotesis dengan benar
g.        Siswa secara aktif dapat mengisi lembar soal pada lembar diskusi yang berbentuk puzzle.

D.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran tentang sifat fisik senyawa ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
A.    Kognitif
1.      Produk
a.       Siswa secara mandiri dapat menyebutkan pasangan elekton pada senyawa yang berikatan dalam waktu 5 menit.
b.      Siswa dengan tepat dapat mengelompokkan senyawa-senyawa yang terjadi dan jenis pasangan elektron yang terdapat pada senyawa yang digunakan pada ikatan kimia berdassarkan tingkat kepolaran dalam waktu 10 menit.
c.       Siswa secara teliti dapat membedakan teori-teori yang digunakan dalam bentuk molekul.
d.      Siswa dengan cermat dapat menganalisis teori VSEPR.
e.       Siswa dengan penuh tanggung jawab dapat mengidentifikasi PEB dan PEI yang terjadi pada suatu senyawa.
f.       Siswa dengan penuh tanggung jawab dapat mengenal bagaimana terbentuknya molekul hubungannya dengan ikatan struktur lewis .
2.      Proses
a.       Siswa disediakan lembar diskusi yang  berhubungan dengan bentuk molekul.
b.      Bersama kelompok siswa mendiskusikan soal yang ada dengan lembar diskusi.
c.       Disediakan buku siswa yang berisi berbagai informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang, siswa secara berkelompok dapat merumuskan hipotesis.
d.      Siswa dapat menyampaikan hasil dari diskusi kelompoknya.
e.       Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain.
f.       Bersama, siswa dapat menyimpulkan peranan sifat fisik senyawa suatu senyawa dalam kehidupan sehari-hari.
B.      Afektif
1.        Karakter
·      Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, teliti, dan mandiri.
·      Siswa dapat menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME dan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia melalui kegiatan demonstrasi, mengamati tayangan video atau animasi, dan kegiatan latihan kelompok/individu yang imajinatif.
·      Siswa dapat mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet, dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan individu.
2.        Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dan siswa dapat menunjukkan perilaku keterampilan sosial bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menghargai pendapat teman dan berkomunikasi.
C.      Psikomotorik
Siswa dapat mencari sumber bacaan dari jurnal ilmiah, majalah, artikel ilmiah yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari hubungannya terhadap gaya antar molekul.
E.     Materi Ajar
Bentuk Molekul
Bentuk molekul adalah kedudukan atom-atom pada molekul
Bentuk molekul digolongkan menjadi 3 teori: Teori VSEPR, Teori domain elektron, dan teori Hibridisasi
F.     Model/Metode Pembelajaran
Model              : Problem Based Learning
Pendekatan     : pendekatan saintifik
Metode            : Berkelompok,diskusi, curah pendapat.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
(Fase I : Orientasi siswa pada masalah)
-          Siswa dengan penuh ketaqwaan berdoa dan memuji kebesaran Allah dengan keberadaannya ciptaannya tentang ilmu kimia.
-          Guru mengabsen siswa untuk melatih kedisiplinan siswa
Apersepsi
Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang bagaimanakah bentuk molekul dari HO  ?
Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan cara menyampaikan pertanyaan untuk memicu rasa ingin tahu siswa
-          Apakah dalam tubuh kita terdapat bentuk molekul suatu senyawa?
-          Bagaimana terjadinya Bentuk Molekul DNA pada tubuh kita?
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indikator) untuk menarik perhatian siswa
15 menit
Inti
a.        Tatap Muka
(Fase II : Mengorganisasi siswa untuk belajar ) (+ 10 menit)
a.    Siswa berkumpul ke dalam kelompoknya masing-masing.
b.    Siswa dalam setiap kelompok diberikan lembar diskusi yang  yang berisi jawaban soal dan membaca soal yang telah dibagikan.
c.    Siswa dalam kelompok berdiskusi tentang soal yang menemukan bentuk molekul suatu senyawa yang diberikan.
(Fase III : Membimbing kelompok untuk menganalisis masalah) (+ 25 menit)
a.    Siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan lembar diskusi yang telah dibaca setiap soal pada lembar diskusi dan membuat bentuk molekul menggunakan molymod
b.    Siswa melakukan jawaban atas permasalahan yang diungkapkan pada soal pada lembar diskusi dengan memanfaatkan buku siswa serta referensi lain yang relevan dengan tugas yang akan dikerjakan
c.    Siswa membuat jawaban atas permasalahan yang diungkapkan pada lembar diskusi.
(Fase IV : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan pemberian penghargaan)    (+ 10 menit)
b.    Siswa melakukan curah pendapat dalam kelompok untuk menyimpulkan isi dari diskusi kelompok.
c.    Siswa mengumpulkan lembar diskusinya.
d.   Siswa yang terlambat mengumpulkan akan diberi penghargaan.
e.    Guru memeriksa hasil diskusi siswa sebelum dibacakan di depan kelas.
f.     Guru memberi penghargaan terhadap kelompok terbaik dan tercepat.
(Fase V :  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)    (+ 15 menit)
a.    Mengarahkan setiap kelompok untuk mengecek kembali hasil diskusi kerja kelompoknya
b.    Salah satu kelompok ditunjuk untuk membacakan hasil kerja kelompoknya serta kelompok lain memberi pertanyaan/tanggapan/masukan.
c.    Guru memberikan penguatan terhadap jawaban yang berkembang dalam diskusi tersebut.
b.      Tugas Terstruktur
1.      Guru mengajak siswa untuk menggambarkan bentuk molekul yang terjadi pada suatu senyawa.
2.       Siswa mencari referensi lain tentang contoh bentuk molekul yang terjadi dalam suatu larutan berdasarkan tingkat kepolarannya.
c.       Tugas Tidak Terstruktur
Siswa mengerjakan soal-soal Ulangan Harian pada Modul Kimia
60 menit




































45 menit
Penutup
a.       Guru memberikan apresiasi terhadap laporan hasil diskusi yang telah dikumpulkan oleh masing-masing kelompok
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada pada sumber ajar.
c.       Guru menyampaikan rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.
d.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya.
15 menit

H.    Alat/Media/Sumber Belajar
Sumber belajar: Buku kimia yang relevan, LKS.
Media              : File presentasi, Molymod

I.       Penilaian
        
No.
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menjelaskan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan baik kelompok maupun individu
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh atau kurang antusias dalam menyelesaikan masalah secara individu.
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok atau individu walaupun telah didorong untuk terlibat.
2.
Ketelitian dalam pengisian soal

3. mengamati video/animasi dan mengolah data hasil percobaan pada lembar diskusi sesuai prosedur, dan menggambarkan bentuk molekul.
2. mengamati video/animasi dan mengolah data hasil percobaan pada lembar diskusi sesuai prosedur, namun menggambarkan interaksi senyawa yang terjadi kurang tepat.
1. mengamati video/animasi dan mengolah data hasil percobaan pada lembar diskusi sesuai prosedur, tetapi menggambarkan interaksi senyawa yang terjadi tidak tepat.
3.
Ketekunan/ keuletan dalam belajar
baik secara kelompok maupun
individu dalam menyelesaikan
masalah yang ada di LKS.

3: tekun/ulet dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:   berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
1:   tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
4.
Kejujuran dalam mengolah data untuk gayakimia dan dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS
3: menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan gayakimia dan menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah.
2:  menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan gaya antar molekul, namun kurang menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah (masih berusaha meminta jawaban teman/menyontek) terutama pada kegiatan individu.
1:  tidak menunjukkan kejujuran dalam menggunakan data hasil percobaan (mengubah data agar sesuai dengan gaya antar molekul) dan berusaha mencari jawaban dari teman lain dengan cara menyontek untuk menyelsaikan tugas individu.

No.
Nama Siswa
Sikap
Rasa Ingin Tahu
Teliti
Tekun
Jujur
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1





















































































































































































































































J.      Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Soal
Nama Kelompok : 1.
                                      2.
                                      3.
                                      4.

Lewis                      VSEPR                    Lewis                    VSEPR



a)  O3                                                                            b)  ICl2-

c)  ICl4-                                                                                d)  SF4

e)  CF4                                                                                f)  BrF5


g)  BrF3                                                                              h)  NH3





Nilai : Skor_total x 1,25

Rubrik penilaian
No. soal
Jawaban
Skor
1.
·         Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·         Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·         Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·         Jika tidak mengisi jawaban
12.5
10
7
0
 2.
·         Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·         Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·         Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·         Jika tidak mengisi jawaban
12.5
10
7
0
3.
·         Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·         Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·         Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·         Jika tidak mengisi jawaban
12.5
10
7
0
4.
·         Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·         Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·         Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·         Jika tidak mengisi jawaban
12.5
10
7
0
5.
·         Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·         Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·         Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·         Jika tidak mengisi jawaban
12.5
10
7
0
6.
·         Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·         Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·         Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·         Jika tidak mengisi jawaban
12.5
10
7
0
7.



            
·         Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·         Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·         Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·         Jika tidak mengisi jawaban
12.5
10
7
0
8.
·         Jika jawaban benar,sesuai dan lengkap
·         Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
·         Jika jawaban salah dan tidak sesuai
·         Jika tidak mengisi jawaban
12.5
10
7
0











Daftar Pustaka
Johnson, David W.& Johnson, Roger T. 2002. Meaningfull Assessment A Manageable and Cooperative Process Boston: Allyn & Bacon.
Ari, H. 2009. Kimia 2: untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusbuk depdiknas
Sudarmo, Unggul. 2006. Kimia Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga
Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga


                       Mengetahui,                                                         Susukan,  Juli  2013
           Kepala SMA Muh Susukan                                             Guru Mapel Kimia,


            Wahid Iskandar, S.Pd.                                                          Sunaryo, ST




LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran.
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.





No.
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB





































































































































































Keterangan:
KB      : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik



LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.      Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2.      Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi belum tepat.
3.      Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Keterampilam
Menerapkan konsep/prinsisp dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST


































































Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil





Tidak ada komentar:

Posting Komentar